Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Moral Siswa Melalui Mata Pelajaran Pkn KELAS VII dan VIII di SMP Negeri 2 Habinsaran. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, angket dan dokumentasi. Jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 2 Habinsaran yang berjumlah 128 orang dan sampel yang diambil adalah 25 % dari jumlah populasi yaitu 32 orang siswa yang diambil secara acak (random sampling). Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik sederhana. Dari hasil analisis penelitian yang diperoleh pengimplementasian pendidikan karakter dalam membentuk moral siswa melalui mata pelajaran PKn sebesar 79,42 % dalam kategori cukup baik. Adapun hasil penelitian yang didapat adalah pengimplementasian pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Habinsaran terlaksana dengan cukup baik, peran guru PKn dan semua pihak sekolah sedang di upayakan untuk mencapai implentasi pendidikan karakter yang sepenuhnya dalam membentuk moral dan karakter siswa di SMP Negeri 2 Habinsaran