Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media audio visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 445 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 orang dengan mengambil 10% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu dengan cara observasi langsung ke SMK Negeri 1 Medan, menyebarkan angket, dan melakukan wawancara. Untuk menguji dan menganalisis data agar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah diuji dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi. Dari hasil penelitian menunjukan 79,47% peran media audio visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn sudah tergolong baik atau tinggi. Pada saat digunakannya media audio visual dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan minat belajar siswa, meningkatkan keinginan siswa untuk belajar dengan digunakannya media audio visual, meningkatkan pemahaman siswa dengan digunakannya media audio visual, dan meningkatnya keaktifan siswa dengan digunakannya media audio visual.