PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK SWASTA PAB 8 SAMPALI T.P 2017/2018
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaranan kewirausahaan yang diajarakan mengunakan model pembelajaran Learning Together dan Role Playing terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, untuk mengetahui apakah model pembelajaran Learning Together lebih tinggi daripada model pembelajaran Role Playing di SMK Swasta PAB 8 SAMPALI T.P 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 35 orang dan X AP-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 35 orang. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 30 soal dari 20 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 64,28 dengan standar deviasi sebesar 11,82. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 60,85 dengan standar deviasi 11,40. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 -2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,92 dan ttabel sebesar 1,66. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,92 > 1,66) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Learning Together dan Role Playing terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran Learning Together lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 64,28 daripada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 60,80% pada mata pelajaran kewirausahaan Kelas X AP SMK Swasta PAB 8 SAMPALI T.P 2017/2018.