PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVITION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK BM SWASTA AL-FATTAH MEDAN T.P 2017/2018
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa pada mata kewirausahaan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kewirausahaan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divition lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK BM Al-Fattah yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling yaitu kelas XI Administrasi Perkantoran 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI Administrasi Perkantoran 2 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Uji yang digunakan untuk Instrumen tes adalah uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda tes. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divition dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Numbered Heads Together. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 rata-rata pre-test sebesar 57,33 dan nilai rata-rata post-test adalah 84,83 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 2 adalah 59,00 dan nilai rata-rata post-test adalah 78,67. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 32,4% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 25,0%. Berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu thitung > ttabel (2,774 > 1,671) pada taraf signifikan 95% dan ɑ = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kewirausahaan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divition lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas XI AP SMK BM Al-Fattah Tahun Pelajaran 2017/2018.