Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dengan melibatkan dua kelas penelitian dan memberikan perlakuan yang berbeda pada masingmasing kelas penelitian tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling dimana sampelnya terdiri dua kelas, yaitu kelas eksperimin 1 (X AP-1) dan kelas eksperimen 2 (X AP-2) yang masing-masing kelas terdiri dari 30 orang . Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 17 soal dengan 5 pilihan jawaban. Setelah diberikan perlakuan berbeda kemudian dilakukan analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 72,5 dengan standar deviasi 6,64 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 80,5 dengan standar deviasi 8,64. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 16,28 dan ttabel = 1,671. Hasil perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 16,28 > 1,671 maka hipotesis diterima. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan T.A. 2016/2017