Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa di kelas XI AP dan XI AK SMK Indonesia Membangun 2 YAPIM Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata pelajaran Kewirausahaan Di SMK Indonesia Membangun 2 Yapim Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Indonesia Membangun 2 YAPIM Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP dan XI AK SMK Indonesia Membangun 2 YAPIM Medan, sampel yang digunakan adalah kelas XI AP dan XI AK, dimana kelas XI AP sebagai kelas eksperimen I sebanyak 39 siswa dan XI AK sebagai kelas eksperimen II sebanyak 18 siswa. Tehnik yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan berganda 20 item. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata dengan kelas eksperimen 1 pretest X = 50,26; SD= 7,60 dan postes X = 76,67 ; SD = 7,19. Sedangkan kelas eksperimen II pretes X = 49,44; SD= 7,84 dan postest adalah X = 68,89; SD= 7,96. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05.dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 3,669 sedangkan ttabel = 1,674. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,669 > 1,674 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata pelajaran Kewirausahaan Di SMK Indonesia Membangun 2 Yapim Medan Tahun Ajaran 2017/2018.