Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kelengkapan Fasilitas dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK N 2 Blangkejeren T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 2 Blangkejeren yang beralamatdi Jl. Blangsere No. 1, Blangkejeren, Gayo Lues. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 2 Blangkejeren yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-1 berjumlah 30 orang, kelas X-2 berjumlah 30 orang total keseluruhan adalah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-2 yang berjumlah 52 orang dengan teknik pengambilan sampel secara acak (Simple Random Sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket dengan menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitas angket dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan regresi linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 22.00, diperoleh untuk pengaruh kelengkapan fasilitas (X1) dengan hasil belajar (Y) dengan thitung>ttabel (3,803 > 1,697), ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kelengkapan fasilitas dengan hasil belajar siswa. Sedangkan hasil yang diperoleh untuk pengaruh motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) dengan thitung>ttabel (2,719 > 1,697), ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta79,195,koefisien regresi kelengkapan fasilitas (X1) sebesar 0,543, dan koefisien regresi motivasi belajar (X2) sebesar 0,635. Sehingga diperoleh persamaan regresi dengan rumus Y = a + b1X1 + b2X2 + e, maka: Y = 79,195 + 0,543X1 + 0,635 X2 + e. Untuk hasil perhitungan uji determinan (R2) diperoleh koefisien R2 sebesar 30,1%, hal ini menunjukkan bahwa kelengkapan fasilitas dan motivasi belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh dengan hasil belajar sebesar 30,1% dan sisanya sebesar 69,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan penelitian dan perhitungan analisis data maka hipotesis yang mengatakan “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kelengkapan fasilitas dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X SMK N 2 Blangkejeren T.A 2016/2017“ dapat diterima.