UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL

Main Author: Purba, Elly Nurhayati
Format: Proceeding PeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/27927/
http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/UPAYA-MENINGKATKAN-HASIL-BELAJAR-SISWA-MELALUI-MODEL-PEMBELAJARAN-KOOPERATIF-TIPE-SNOWBALL-THROWING-BERBANTUAN-MEDIA-AUDIO-VISUAL.pdf
Daftar Isi:
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang termuat dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik atau siswa diarahkan untuk menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab. Namun guru masih banyak menggunakan metode yang didominasi metode ceramah yang menjadikan guru sebagai pusat kegiatan belajar mengajar atau teacher centered. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif selama kegiatan belajar berlangsung. Siswa pada umumnya hanya mendengarkan, membaca dan menghafal informasi yang diperoleh, sehingga konsep yang tertanam tidak kuat. Salah satu metode yang dapat memuat keaktifan dan pengalaman belajar siswa tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan bantuan Media Audio Visual. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan bantuan video pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Swasta Nurul Hasanah Percut Sei Tuan berjumlah 24 siswa. Indikator penelitian keefektifan dalam penilaian ini meliputi aktivitas siswa, aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Hasil penelitian menunjukan keefektifan belajar siswa ditinjau melalui ketuntasan belajar yaitu sebesar 83,3%. Meningkat ditinjau melalui aktivitas belajar siswa yaitu sebesar 92%. Dan meningkat ditinjau melalui aktivitas guru mengelola pembelajaran menjadi 89,41%. Berdasarkan rincian hasil penelitian diatas, maka belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas IV SD Swasta Nurul Hasanah T.P 2016/2017 dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan guru serta peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada materi koperasi di mata pelajaran IPS.