Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menggunakan media pembelajaran peta pada siswa kelas X SMA Al-Manar Medan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini menggunakan bentuk metode expo facto yang dilakukan di kelas X dengan jumlah sebanyak 34 peserta didik. Dalam pelaksanaannya menerapkan media peta dalam proses pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap I merupakan pretest dan postest sebelum dengan menggunakan media peta sedangkan tahap II merupakan pretest dan postest dengan menggunakan media peta. Dengan menggunakan Media Visual khususnya Media Peta, Hasil belajar siswa dari tahap I ke tahap berikutnya mengalami peningkatan. Hasil pretest siswa dengan menggunakan Media Konvensional pada pertemuan I menunjukkan 2 orang tuntas secara individu dari 34 orang siswa hanya mencapai 5,8%. Pertemuan postest I yang mendapat nilai tuntas 8 orang dengan persentase ketuntasan 23,5%, sedangkan hasil pretest pada petemuan ke II yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 2 orang dengan persentase ketuntasan 11,7%. Hasil postetst pada pertemuan ke II mengalami hasil yang signifikan, Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan Media Visual khususnya Peta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Al-Manar Medan. Dengan demikian, dalam kajian ini penulis menggunakan Media Peta dalam pembelajaran sejarah dengan materi pokok kehidupan masyarakat pada masa pra aksara di Indonesia di kelas X SMA Al-Manar Medan telah berhasil mencapai tujuan dalam kajian ini. Dalam hasil belajar tersebut siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Media Peta.