PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 1 DELITUA T.A. 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan suatu proses pembelajaran sejarah dengan hasil belajar (nilai tes). Dalam penelitian ini akan mencoba untuk menggunakan model scramble dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan model scramble dalam pembelajaran sejarah lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model scramble terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen, yaitu ada perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas konvensional agar dapat dilihat perbedaannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Delitua. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple RandomSampling dengan control group pre test – post test desing. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas konvensional dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Hasil post test soal sebelum menerapkan model scramble adalah diperoleh sebesar 21,9 <ttabel = 2,69 (kemampuan yang sama) dan setelah menerapkan model scramble menunjukkan rata-rata siswa kelas eksperimen memiliki hasil belajar sangat tinggi yaitu 90%, dan kelas konvensional sebesar 82% dan tergolong kriteria tinggi. Uji t variabel Y (hasil belajar sejarah siswa) di dapatkan ttabel =2,69 yang berarti ada perbedaan yang singnifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemebelajaran sejarah menggunakan model scramble lebih efektif dibanding pembelajaran tanpa menggunakan model