PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN TIPE THINK PAIR SHARE DI SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah eksperimensemu.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara cluster sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas eksperimen I dan kelas kedua disebut sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari 4 butir soal uraian. Dari hasil pengolahan data diperoleh pada hasil posttest rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa 13,4722 untuk kelas eksperimen I dan 12,0556 untuk kelas eksperimen II. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu dengan menggunakan uji t dengan 0,05 diperoleh 3,4961 1,6683 hitung tabel t t . Hal ini menunjukkan bahwa hitung t berada di luar penerimaan 0 H maka berdasarkan pengujian tersebut diperoleh bahwa 0 H ditolak sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan.