Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Modul dan Media Audio Visual dalam proses belajar mengajar dan bagaimana Pengemasan Pembelajaran Tari Salsa Melalui Modul dan Media Audio Visual Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas, Landasan teoritis dijadikan pedoman dalam penulisan skripsi ini yaitu pengemasan, pembelajaran. modul, media audio visual dan tari salsa sebagai acuan dalam membentuk produk pengemasan media pembelajaran Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan yang dilakukan mengobservasi kebutuhan media, merekam hasil wawancara dan pendokumentasian berupa video dan foto yang digunakan dalam pembuatan media audio visual. Data-data ini kemudian dianalisi dengan Metode Deskriptif Kualitatif. Peran modul dan media audio visual dalam proses belajar mengajar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Modul dan media audio visual apabila digunakan dalam proses belajar secara bersamaan akan saling dukung mendukung dalam kelebihan dan kukarangan masing-masing. Salah satu kekurangan modul yaitu dapat membosankan dan mengurangi minat siswa untuk membacanya, dengan adanya pendukung dari media audio visual yang memiliki kelebihan dapat memperjelas penyajian pesan dalam bentuk media bergerak atau video yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pengemasan modul tertidiri atas Desain Modul dan Penilaian. Pengemasan media audio visual atas Garis Besar Program Media Audio Visual yaitu menentukan Judul dan Materi, Menentukan Model atau Peraga, Penguraian frame video, Perekaman, Editing, dan Finishing. Materi yang ada dalam modul disesuaikan dalam media audio visual, sehingga modul yang memuat materi tari salsa secara lengkap termuat dalam media audio visual.