PENERAPAN TARI GUBANG BERBASIS AUDIO VISUAL BAGI SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 KOTA TANJUNGBALAI
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk melihat apakah media audio visual yang dikemas oleh peneliti sebelumnya bermanfaat bagi kemampuan menari Gubang di kelas X SMK Negeri 4 Tanjungbalai. Penelitian ini juga melihat proses pembelajaran yang dilakukan tersusun dan terstruktur yang berpedoman pada RPP dan Silabus seni tari kelas X SMK. Penerapan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan landasan Teoritis untuk menjelaskan dan menguatkan tentang judul Penerapan Tari Gubang Berbasis Audio Visual Bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Tanjungbalai dengan menggunakan teori Penerapan, teori Pembelajaran, teori Audio Visual, dan teori Kuasi Eksperimen. Penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang meliputi beberapa aspek yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 4 Tanjungbalai dan dilakukan pada bulan akhir Juli 2017 hingga Oktober 2017. Populasi adalah Siswa Siswi SMKN 4 Tanjungbalai dan sampel Siswa-siswi kelas X SMKN 4 Tanjungbalai. Penelitian ini juga memakai kuasi ekperiment sebagai uji preetest dan postest untk mengatahui kebarhasilan media dalam diterapkan. Hasil penelitian diketahui bahwa melalui media audio visual proses pembelajaran secara runtut dapat dilakukan, karena langkah-langkah pelajaran tersusun secara terstruktur sesuai dengan RPP dan silabus dalam pelajaran tari Gubang. Penerapan tari Gubang menggunakan audio visual efisien dan bermanfaat bagi pembelajaran tari Gubang di SMKN 4 Tanjungbalai. Hal itu terlihat dari persentase hasil nilai kemampuan menari yang diperoleh oleh siswa menujukkan bahwa penggunaan audio visual 33,30% Sangat Baik, 60% Baik, 6,70% Cukup Baik 0% Tidak Baik lebih rendah dibanding dengan hasil yang tidak menggunakan audio visual l 3,30% Sangat Baik 6,65% Baik 50% Cukup Baik 23,35% Tidak Baik