Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN Lubuk Pakam yang terdiri dari 5 kelas dan jumlah seluruhnya 180 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X MIA5 yang terdiri dari 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Instrumen yang digunakan sebanyak 20 soal. Dari hasil analisis data diperoleh dari hasil belajar nilai rata-rata tes awal (pretest) adalah 55 dan nilai rata-rata tes akhir (post test) yaitu 81,42. Berdasarkan hasil data, efektivitas dapat digambarkan dengan ketuntasan belajar secara individual sebanyak 32 siswa tuntas (91,4%) dan 3 orang siswa tidak tuntas (8,6%). Tingkat penguasaan siswa yang menguasai 75% dari materi pencemaran lingkungan yaitu 81,42 % dari jumlah siswa, dan ketercapaian indikator yaitu sebesar 83,33%. Persen peningkatan hasil belajar (N-Gain) berada pada kategori sedang yaitu 0,62, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017 adalah efektif.