Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 12 Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL pada materi SPLDV Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I \ diperoleh 17 siswa (53,125%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar ( ). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 28 siswa (87,5%) dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar ( ). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 25,625%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 62,67 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,34. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 16,67 dengan Gain Skor sebesar 0,45 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 12 Medan