PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA TERHADAP PENYALAHGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS XI IPS-3 DI SMA NEGERI 14 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan realita terhadap penyalahgunaan gadget pada siswa kelas XI IPS-3 di SMA Negeri 14 Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s/d Oktober 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan eksperimen kuasi (semu) dengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS-3. Subjek ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 8 orang yang berasal dari kelas XI dengan sampel yang heterogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket penyalahgunaan gadget berjumlah 30 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 14,5 dengan = 0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 14,5 > 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test penyalahgunaan gadget pada siswa diperoleh skor rata-rata 77,25, sedangkan data post-test penyalahgunaan gadget pada siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 108. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan Konseling kelompok pendekatan realita lebih tinggi dari pada sebelum mendapat layanan konseling kelompok pendekatan realita. Layanan konseling kelompok pendekatan realita memberikan kontribusi sebesar 38% terhadap penurunan penyalahgunaan gadget pada siswa SMA Negeri 14 Medan.