Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama terhadap perilaku konformitas pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experimental dan desain Pretest-postest one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 10 orang yang berasal dari kelas VIII-A. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingginya perilaku konformitas siswa adalah dengan menggunakan angket sebanyak 29 butir item (valid) yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 20,5 dengan  = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 20,5 > 8 Artinya hipotesis diterima. Data pretest perilaku konformitas diperoleh skor rata-rata 89, sedangkan data postest perilaku konformitas diperoleh skor rata-rata sebesar 62,5. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama lebih rendah dari pada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama. Layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama memberikan kontribusi sebesar 42% terhadap pengurangan perilaku konformitas siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan.