PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP PENGALAMAN DILEMA MORAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2017/2018
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik psikodrama terhadap pengalaman dilema moral siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experimental dan desain Pretest-postest one group design. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang siswa, 7 siswa yang mempunyai pengalaman dilema moral rendah dan 3 siswa yang mempunyai pengalaman dilema moral cukup. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengalaman dilema moral adalah skala pengalaman dilema moral. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Dari analisis data diperoleh Jhitung = 14 dengan = 0,05, dan Jtabel = 8 artinya hipotesis diterima. Data pre-test pengalaman dilema moral terhadap 10 siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 7,8, sedangkan data post-test pengalaman dilema moral siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 11. Artinya skor rata-rata pengalaman dilema moral siswa setelah mendapatkan bimbingan kelompok teknik psikodrama lebih tinggi daripada setelah mendapatkan bimbingan kelompok teknik psikodrama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik psikodrama berpengaruh terhadap pengalaman dilema moral siswa. Hal ini terlihat dari, uji wilcoxon dengan hasil Jhitung > Jtabel yaitu 14 > 8. Disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok teknik psikodrama dapat meningkatkan pengalaman dilema moral siswa dari sebelum ke sesudah mendapatkan bimbingan kelompok teknik psikodrama