PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII BENJAMIN DI SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII Benjamin di SMP Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2017 s/d September 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan Pre-test Post-test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas VIII-Benjamin. Sampel ditarik dengan menggunakan Purposive Sampling sebanyak 8 orang siswa yang berasal dari kelas VIII-Benjamin dengan sampel yang heterogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket kejenuhan belajar berjumlah 34 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung 41 dengan α = 0,05, adapun J tabel= 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung>Jtabe dimana 41>4. Artinya hipotesis diterima.sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018” dapat diterima. Layanan bimbingan kelompok teknik Problem solving memberikan kontribusi sebesar 33% terhadap penurunan kejenuhan belajar siswa kelas VIII-Benjamin SMP Negeri 1 Medan