Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Therapy terhadap kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMPN 6 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek penelitian adalah siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah di kelas VIII-G SMP Negeri 6 Medan yang berjumlah 8 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang menjaring data siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah yang sebelumnya diuji coba untuk mengetahui validitas dan relibialitas angket. Angket diberikan sebelum dan sesudah pemberian konseling kelompok pendekatan rasional emotif therapy. Teknik analisis data menggunakan uji t hitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok pendekatan rasional emotif therapy terhadap kecerdasan emosi siswa. Terdapat rata-rata pre-test 72 dengan SD 17,82 dan rata-rata post-test 97 dengan SD 12,12. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil thitung > ttabel = (4,19 > 2,36). Maka hipotesis yang menyatakan bahwa “ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif therapy terhadap kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2016/2017” dapat diterima.