PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP ETIKA BERKOMUNIKASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 17 MEDAN T.A. 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap etika berkomunikasi siswa kelas XI SMA Negeri 17 Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2. Jumlah subjek sebanyak 8 orang yang berasal dari kelas XI IPS 2. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket etika berkomunikasi berjumlah 35 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 6 dengan = 0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 6 > 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test etika berkomunikasi diperoleh skor rata-rata 105,37 sedangkan data post-test etika berkomunikasi diperoleh skor rata-rata sebesar 126,25. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama memberikan kontribusi sebesar 20% terhadap etika berkomunikasi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 17 Medan.