Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap kepercayaan diri dalam bersosialisasi terhadap siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan. Jenis penelitian ini Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan yang berjumlah 8 siswa, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket kepercayaan diri dalam bersosialisasi berjumlah 30 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Data pre-test kepercayaan diri dalam bersosialisasi diperoleh skor rata-rata 88,625 sedangkan data post-test kepercayaan diri dalam bersosialisasi diperoleh skor rata-rata sebesar 104,125. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Dari analisis data diperoleh Jhitung = 10 dengan  = 0,05, adapun Jtabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 10 > 4. Artinya hipotesis diterima. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing memberikan kontribusi sebesar 17,48% terhadap peningkatan kepercayaan diri dalam bersosialisasi terhadap siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan