PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK INTENSIF DENGAN SUPERHERO TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok intensif dengan superhero terhadap konsentrasi belajar pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan bulan September 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi experimental dengan pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 7. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 10 orang yang berasal dari kelas XI IPA 7 dengan sampel yang heterogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket konsentrasi belajar berjumlah 45 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 21 dengan = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 21 > 8, yang berarti hipotesis diterima. Data pre-test konsentrasi belajar diperoleh skor rata-rata 105, sedangkan data post-test konsentrasi belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 145,4, yang berarti skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok intensif dengan superhero lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok intensif dengan superhero. Layanan konseling kelompok intensif dengan superhero memberikan kontribusi sebesar 27,78% terhadap peningkatan konsentrasi belajar pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan T.A 2016/2017.