PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN T.A 2017/2018
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavioral terhadap perilaku Membolos siswa Kelas X SMA Negeri 15 Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek penelitian adalah siswa yang memiliki perilaku membolos yang tinggi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 15 Medan T.A 2017/2018 sebanyak 8 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian konseling kelompok pendekatan behavioral. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok pendekatan behavioral terhadap perilaku membolos siswa. Terdapat rata-rata pre-test 93,12 dengan SD 15,40 dan rata-rata post-test 59,87 dengan SD 6,48. Hal ini teruji dengan menggunakan uji wilcoxon yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil Jhitung > Jtabel = (16 > 4). Maka hipotesis yang menyatakan bahwa “ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral terhadap perilaku membolos siswa kelas XI SMA Negeri 15 Medan T.A 2017/2018 ” dapat diterima