PROFIL KEDISIPLINAN SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI DI MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran tentang kedisiplinan siswa secara umum yang ditinjau dari variabel jurusan (IPA, IPS, IA, dan IPB) dan variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) serta merumuskan program bimbingan dan konseling terkait kedisiplinan siswa di kelas XI MAN 2 Model Medan tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 124 siswa/siswi kelas XI MAN 2 Model Medan dengan pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling metode undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menyebarkan angket kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) kedisiplinan siswa kelas XI secara umum berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 29 orang (23%), pada kategori tinggi 81 orang (66%), 13 orang (10%) pada kategori sedang dan 1 orang (1%) termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan kedisiplinan siswa kelas XI ditinjau dari variabel jurusan (IPA, IPS, IA, dan IPB) bahwa IPA berada pada kategori tinggi 44 orang (70%), sedangkan jurusan IPS berada pada kategori tinggi 17 orang (50%), sedangkan jurusan IA kategori tinggi 12 orang (67%) sedangkan jurusan IPB pada kategori tinggi sebanyak 8 orang (88%) (2) Kedisiplinan siswa kelas XI ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) menunjukkan bahwa jenis kelamin laki-laki berada pada kategori tinggi 29 orang (56%) sedangkan jenis kelamin perempuan berada pada kategori tinggi 51 orang (70%) Berdasarkan data di atas, dirumuskan program bimbingan dan konseling yang memuatkan program tahunan, program semester dan program mingguan terkait dengan bidang pengembangan pribadi dengan sub bidang pengembangan kedisiplinan siswa di sekolah.