Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kematanghan karir siswa di sekolah secara umum dan ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) dan variabel jurusan (IPA dan IPS) (2) serta merumuskan program Bimbingan dan Konseling terkait dengan kematangan karir siswa di kelas XI SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 68 orang siswa/siswi kelas XI SMA Negeri 15 Medan dengan pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling metode undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebarkan angket kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan analisis statistik. Selanjutnya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kematangan karir siswa kelas XI SMA Negeri 15 Medan secara umum dalam kategori sangat tinggi sebanyak 5 orang orang dengan persentase (26%),37 orang dengan presentase (55%) termasuk pada kategori tinggi, dan 5 orang dengan presentase (7%) termasuk dalam kategori sedang (2) kematangan karir siswa kelas XI SMA Negeri 15 Medan ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) menunjukkan bahwa laki-laki berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 6 orang (29%), 11 orang (52%) termasuk kategori tinggi dan 4 orang (19%) termasuk pada kategori sedang, sedangkan variabel jenis kelamin perempuan berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 20 orang (43%), 26 orang (55%) temasuk pada kategori tinggi dan 1 orang (2%) termasuk dalam kategori sedang| (3) kematangan karir siswa kelas XI SMA Negeri 15 Medan ditinjau dari variabel jurusan menunjukkan bahwa siswa jurusan IPA berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 14 orang (44%), 16 orang (50%) termasuk pada kategori tinggi, dan 2 orang (6%) termasuk dalam kategori sedang, sedangkan jurusan IPS berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 12 orang (33%), 21 orang (58%) termasuk pada kategori tinggi, dan 3 orang (9%) termasuk pada kategori sedang berdasarkan data diatas, dirumuskan program Bimbingan dan Konseling yang memuatkan program tahunan, program semester, program bulanan dan program mingguan terkait dengan bidang pengembangan karir dengan sub bidang pengembangan kematangan karir siswa di sekola