Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah secara umum dan ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) dan variabel jurusan (IPA dan IPS) dan (2) merumuskan program Bimbingan dan Konseling terkait dengan kemampuan penyesuaian diri siswa di kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan dengan pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling metode undian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk mengungkap penyesuaian diri siswa di sekolah adalah skala kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah, kemudian dianalisis untuk mengetahui teknik pengolahan skor dan kategorisasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan secara umum dalam kategori sangat tinggi sebanyak 19 orang (33%), 34 orang (56%) termasuk pada kategori tinggi, dan 7 orang (11%) termasuk dalam kategori sedang. (2) kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) menunjukkan bahwa laki-laki berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 14 orang (34%), 23 orang (57%) termasuk kategori tinggi, dan 4 orang (9%) termasuk pada kategori sedang. Variabel jenis kelamin perempuan berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 6 orang (31%), 10 orang (52%) termasuk pada kategori tinggi dan 3 orang (17%) termasuk dalam kategori sedang. (3) kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan ditinjau dari variabel jurusan menunjukkan bahwa siswa jurusan IPA berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 11 orang (30%), 20 orang (54%) termasuk pada kategori tinggi, dan 6 orang (16%) termasuk dalam kategori sedang. Jurusan IPS berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 8 orang (35%), 14 orang (61%) termasuk pada kategori tinggi, dan 1 orang (4%) termasuk pada kategori sedang. Berdasarkan data di atas, dirumuskan program Bimbingan dan Konseling yang memuat program tahunan, program semester, program bulanan dan program mingguan terkait dengan bidang pengembangan pribadi dan sosial dengan sub bidang pengembangan kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah