Daftar Isi:
  • Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan secara faktual mengenai penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan minat belajar siswa dan peningkatan kemampuan berfikir kritis. Keinginan untuk berpikir ini harus dibarengi dengan kemauan, keinginan, dan perhatian terhadap sejumlah masalah. Hal ini berarti ada minat dalam diri peserta didik untuk membahas dan memecahkan masalah pada pembelajaran IPS. Pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) yang dibarengi dengan keinginan untuk belajar, maka secara simultan akan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Hal utama yang mendorong peserta didik berpikir kritis adalah keinginan untuk memahami serta membaca permasalahan yang dihadapi serta kemauan yang tinggi untuk menyelesaikan permasalahan. Penerapan model problem based learning dalam pembelajaran IPS diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis, sehingga dapat membentuk peserta didik mampu memecahkan sejumlah permasalahan sebagai bagian dari anggota masyarakat.