PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Yusrizal,
Format: Proceeding PeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/27545/
http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/28.-Yusrizal.pdf
Daftar Isi:
  • Kearifan lokal hanya akan abadi jika terimplementasikan dalam kehidupan konkret sehari-hari sehingga mampu merespons dan menjawab arus perkembangan zaman. Berbagai fenomena sosial yang muncul akhir-akhir ini pun cukup mengkhawatirkan. Hukum begitu jeli pada kesalahan tetapi buta pada keadilan. Karakter bangsa harus segera diluruskan jika tidak mau negara ini hancur dan tertinggal. Belakangan ini pemerintah gencar mengampanyekan Pendidikan Karakter di Indonesia. Pendidikan karakter diyakini mampu menjadi obat mujarab penyembuh problem kemasyarakatan yang semakin terjerembab dalam kasus asusila, anarkisme dan tindakan koruptif di berbagai bidang kehidupan. Salah satu langkah yang harus ditempuh oleh pemerintah untuk membentuk karakter bangsa yaitu melalui pendidikan dengan lebih menekankan pembentukan karakter di dalam kurikulum. Sasaran utama pendidikan karakter yaitu siswa Sekolah Dasar, sebab dari sini karakter mulai terbentuk. Salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang memegang peran penting dalam membentuk karakter dan mengembangkan kebudayaan adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan utama pembelajaran IPS di SD adalah menanamkan kesadaran akan posisi individu, baik dalam kapasitasnya sebagai pribadi maupun sebagai anggota komunitas.