PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN BERKEBANGSAAN MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS IV SD NEGERI 040448 KABANJAHE
Main Author: | Tarigan, Monica Agita |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/27541/ http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/24.-Monica-Agita-Br-Tarigan.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui Model Picture and Picture pada Pokok Bahasan Lambang Negara kelas IV SD Negeri 040448 Kabanjahe 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040448 Kabanjahe yang berjumlah 47 orang dan objek penelitian ini adalah Model Picture and Picture pada Pokok Bahasan Lambang Negara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan tes, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Model Picture and Picture pada Pokok Bahasan Lambang Negara di Kelas IV berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 65 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 68% dari 47 orang siswa terdapat 32 orang yang memperoleh nilai 65 atau tuntas belajar dan 15 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77 dari 47 terdapat 41 siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 atau tuntas belajar dan 6 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Picture and Picture dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar PPKn Pokok Bahasan Lambang Negara di Kelas IV SD Negeri 040448 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2016/2017.