Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengonversi teks drama menjadi teks cerpen oleh siswa kelas XI SMK Multi Karya tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 366 siswa. Dari populasi tersebut, ditetapkan 36 orang siswa yang diambil secara acak sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan mengonversi teks drama menjadi teks cerpen oleh siswa kelas XI SMK Multi Karya tahun pembelajaran 2016/2017 masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,1. Ada tiga aspek yang dinilai dari kemampuan mengonversi teks drama menjadi teks cerpen yaitu aspek isi, struktur, dan ciri kebahasaan. Berdasarkan hasil penelitian, aspek isi memperoleh nilai rata-rata yaitu 60,71 yang berada pada kategori cukup. Aspek struktur memperoleh nilai rata-rata 69,02 yang berada pada kategori cukup, dan aspek ciri kebahasaan yang memperoleh nilai terendah yaitu rata-rata 56,34 yang juga berada pada kategori kurang.