HUBUNGAN PENGUASAAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI DENGAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan teks negosiasi dengan kemampuan memproduksi teks negosiasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2016/2017 dengan sampel berjumlah 50 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Data penguasaan struktur, kaidah kebahasaan, dan kemampuan memproduksi teks negosiasi oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 50 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji âtâ. Hubungan penguasaan struktur teks negosiasi terhadap kemampuan memproduksi teks negosiasi diperoleh nilai thitung>ttabel (3,104> 1,68). Dan hubungan penguasaan kaidah kebahasaan teks negosiasi terhadap kemampuan memproduksi teks negosiasi diperoleh nilai thitung>ttabel (3,516> 1,68).Lalu hubungan penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan teks negosiasi diperoleh nilai thitung>ttabel (8,55> 1,68). Dari perolehan data menunjukkan bahwa maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan teks negosiasi dengan kemampuan memproduksi teks negosiasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2016/2017.