Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 dari segi struktur dan ciri kebahasaannya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Medan yang berjumlah 178 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Sampel ini diambil dengan cara random sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebanyak 36. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Medan Menulis Teks Negosiasi Data ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi dari keseluruhan aspek yang dinilai dengan perolehan nilai rata-rata 66,66 dikategorikan cukup. Kemampuan siswa menulis teks negosiasi dari segi struktur dengan perolehan nilai rata-rata 33,61 dikategorikan kurang. Sedangkan kemampuan siswa menulis teks negosiasi dari segi ciri kebahasaan dengan perolehan nilai rata-rata 33,05 dikategorikan kurang. Jika dilihat dari rentang skor nilainya maka tidak ada siswa yang berada pada rentang skor 0-30 termasuk dalam kategori sangat kurang, sebanyak 9 (25%) siswa berada pada rentang nilai 85-100 termasuk dalam kategori sangat baik, 7 (19,44%) siswa berada pada rentang nilai 70-84 termasuk dalam kategori baik, 16 (44,44 siswa berada pada rentang nilai 55-69 termasuk dalam kategori cukup, 4 (11,11 siswa berada pada rentang nilai 40-55 termasuk dalam kategori kurang. Dengan demikian persentase tertinggi adalah kategori cukup. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 6 Medan menulis teks negosiasi tahun pembelajaran 2017/2018 dengan perolehan nilai rata-rata 66,66 dikategorikan cukup.