Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun oleh siswa kelas VII SMP Swasta Al-Ihsan Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Al-Ihsan Medan tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Sampel diambil dari semua subjek populasi sebab subjek di dalam penelitian ini kurang dari 100 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif-deskriptif. Data dari penelitian dianalisis dengan menggunakan setiap aspek dari pantun yang menjadi indikator penilaian pada penelitian ini. Bentuk latihan yang dilakukan berupa tes menulis pantun dengan tema persahabatan. Dari 36 siswa yang diteliti diperoleh data-data penilaian untuk setiap aspek yaitu aspek kesesuaian tema sebesar 88,86 (berada pada tingkat sangat baik), aspek jumlah baris dalam satu bait sebesar 100 (berada pada tingkat sangat baik), aspek jumlah suku kata tiap baris sebesar 76,67 (berada pada tingkat baik), aspek sajak a-b-a-b sebesar 60,95 (berada pada tingkat kategori cukup), aspek kesesuaian baris sampiran dan isi sebesar 77,22 (berada pada tingkat baik), dan yang terakhir adalah aspek keaslian ide/gagasan sebesar 62,77 (berada pada tingkat cukup). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis pantun oleh siswa kelas VII SMP Swasta Al-Ihsan Medan tahun pembelajaran 2016/2017 sebesar 74,16 yang dapat dikategorikan baik.