HUBUNGAN PENGUASAAN STRUKTUR TEKS DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN MENYUNTING TEKS ULASAN OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan penguasaan struktur teks dan ciri kebahasaan dengan menyunting teks ulasan oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 259 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling yaitu kelas XI-ADM2 yang berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian korelasional (ex post facto). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes objektif pilihan berganda serta menyunting teks ulasan. Dari pengolahan data diperoleh hasil penguasaan struktur teks dengan rata-rata 83,59 dan hasil penguasaan ciri kebahasaan dengan rata-rata 83,13. Pada hasil kemampuan menyunting teks ulasan diperoleh rata-rata 77,97. Dari uji normalitas data hasil penguasaan struktur teks dan ciri kebahasaan serta kemampuan menyunting teks ulasan didapat ketiga data berdistribusi normal. Selanjutnya, pada uji linieritas data penelitian tersebut juga dinyatakan linier. Setelah melakukan uji persyaratan, yaitu uji normalitas dan uji linieritas maka dilakukan uji hipotesis. Untuk mengetahui tingkat hubungan variabel X1, X2, dan Y digunakan rumus regresi ganda. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka hubungan antara penguasaan struktur teks dan ciri kebahasaan dengan menyunting teks ulasan diperoleh r = 0.835 sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan struktur teks dan ciri kebahasaan dengan menyunting teks ulasan oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Pembelajaran 2016/2017.