Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat Efektivitas Teknik Numbered Head Together dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah Seluruh Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 260 orang, Sampelnya 18% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 46 orang, Pengambilan data dilakukan dengan tes penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan rumus uji ‘t’ yaitu : To Dari hasil penelitian diperoleh nilai hasil prestasi belajar siswa pada kemampuan menulis puisi nilai rata-rata setelah menerapkan model pembelajarn Numbered Heads Together adalah 78,9. Kategori sangat baik (nilai 85 – 100) sebanyak 7 siswa (30,4%), kategori baik (nilai 70 – 84) sebanyak 16 siswa (69,6 %), kategori cukup (nilai 55 – 69) sebanyak 0 siswa (0%), kategori kurang (nilai 40 – 54) sebanyak 0 siswa (0%), dan kategori sangat kurang (nilai 0 – 39) sebanyak 0 siswa (0%). Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat Efektifitas Teknik Numbered Head Together dalam meningkatkan kemampuan menulis Puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2016/2017.