Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media audiovisual dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jami’yatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 373 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VIII-2 yang berjumlah 37 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah essay test. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata =58,51, standar deviasi = 7,87, dan standar eror = 1,31. Yang termasuk dalam kategori sangat baik 0%, kategori baik 13,51%, kategori cukup 51,35%, kategori kurang 16,21%, dan kategori sangat kurang 18,91%. Sedangkan hasil post-test diperoleh dengan rata-rata = 79,05, standar deviasi = 7,34, dan standar eror = 1,22 dengan kategori sangat baik 37,83%, kategori baik 51,35%, kategori cukup 10,81%, kategori kurang 0%, dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat t0 sebesar 11,47. Selanjutnya setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df=N-1=37-1=36. Dari df=36 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02, karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 11,47 > 2,02, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan atas penerapan media audiovisual dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi di MTs Al-Jami’yatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2017/2018.