PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS TIK DI SMP NEGERI 35 MEDAN
Main Author: | Syahri, Iin |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/27393/ http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/13.-Iin-Syahri-Ok-TIDAK-ADA-IDENTITAS-DIRI-DAN-EMAILNYA.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis TIK pada mata pelajaran Bahasa Inggris untuk peserta didik kelas VII SMP, (2) keefektifan media pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 35 Medan, dan 3) keefektifan media pembelajaran berbasis TIK terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 35 Medan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). dengan mengusung pendekatan model pengembagan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data hasil evaluasi produk ini meliputi data hasil evaluasi produk dari ahli materi, ahli media, pendidik pelajaran bahasa Inggris dan teman seprofesi. Data hasil penilaian dari ahli materi meliputi empat ranah yaitu ranah kesesuaian materi dengan kurikulum, ranah kualitas materi pembelajaran, kualitas bahasa dan kualitas visual. Pada ranah kesesuaian materi dengan kurikulum dan aspek kualitas visual diperoleh rerata skor total 12,0 dengan kategori sangat baik. Penilaian kualitas materi pembelajaran mendapat rerata skor total 27,0 dengan kategori sangat baik. Pada kualitas bahasa rerata skor total adalah 14,0 dengan kategori sangat baik. Kualitas visual dinilai sangat baik dengan rerata skor total 12,0. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran berbasis tekonologi informasi dan komputer (TIK) yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, pendidik mata pelajaran bahasa Inggris, teman seprofesi, peserta didik uji coba terbatas maupun peserta didik uji coba lapangan secara umum masuk kategori baik. Kondisi ini menunjukkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran bahasa Inggris yang berbasis TIK layak dipergunakan, (2) pengembangan produk media pembelajaran yang berbaisis TIK ini efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.