MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
Main Author: | Asmita, Sri |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/27383/ http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/03.-Sri-Asmita-Ok.pdf |
Daftar Isi:
- Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu upaya sadar untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Pendidikan karakter, yaitu; membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik, sehingga mampu mengantisipasi gejala krisis moral dan berperan dalam rangka pembinaan generasi muda. Pendidikan nasional Indonesia saat ini masih menghadapi berbagai masalah. Pembelajaran disekolah belum mampu membentuk secara utuh pribadi lulusan yang mencerminkan karakter dan budaya bangsa. Karakter dan budaya bangsa yang dikembangkan di sekolah harus diselaraskan dengan karakter dan budaya lokal, regional, dan nasional. Pendidikan IPS adalah mata pelajaran yang mengkaji kehidupan sosial yang bahannya didasarkan pada kajian sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi dan tata negara. Melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat di masukkan nilai-nilai pendidikan karakter dengan mengintegrasikan materi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tersebut. Pembelajaran ilmu sosial menjadi salah satu alternatif dalam upaya mengembangkan budaya lokal, membina karakter dan menjadikan martabat bangsa yang dapat dibanggakan dihadapan bangsa lain.