PERANAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI TERHADAP GENERASI EMAS

Main Author: Gultom, Ostawati
Format: Proceeding PeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/27377/
http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/07.-Ostawati-Gultom.pdf
Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter merupakan salah satu alternatif dalam mempersiapkkan generasi pada tahun 2045, maka fokus pendidikan diarahkan pada Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD merupakan The Starting Well Index, karena disinilah karakter anak dibentuk. Pembentukan karakter akan menjadi modal utama bagi kualitas sumber daya manusia pada bonus demografi. Pembentukan karakter sangat penting untuk ditanamkan sejak dini karena merupakan suatu habit (kebiasaan) yang harus terus menerus dipraktikkan serta memerlukan keterlibatan berbagai pihak (stakeholder). Tahun 2045 merupakan tepat 100 tahun Indonesia merdeka. Pada tahun tersebut diperkirakan generasi usia produktifnya, yang selanjutnya dikenal dengan generasi emas karena bertepatan dengan HUT Emas RI ke-100 akan mampu menunjukkan siklus kejayaan Bangsa yang unggul peradabannya. Bonus demografi di tahun 2045 tersebut akan menjadi berkontribusi atau sebaliknya menjadi bencana menjadi semakin nyata, tergantung bagaimana guru menyiapkan generasi saat ini, 28 tahun lagi akan menjadi pengisi era itu. Dengan adanya guru yang profesional dan berkualitas maka akan mampu mencetak anak bangsa yang berkualitas pula. Pendidikan karakter anak usia dini adalah Karenanya pendidikan yang bermutu harus terus diupayakan oleh sang guru. Mereka adalah mutiaranya agent of change, pelaku perubahan agar menghasilkan manusia Indonesia yang religius, cerdas, produktif, andal dan komprehensif melalui layanan pembelajaran yang prima terhadap peserta didiknya, sehingga terwujud generasi emas tahun 2045.