Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar lempar cakram dengan menggunakan gaya mengajar periksa diri sendiri melalui modifikasi pada siswa SMP Swasta HKBP Pardamean tahun ajaran 2016/ 2017, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2017 dengan jumlah siswa 32 orang . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini adalah test hasil belajar lempar cakram yang berbentuk portofolio. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan gaya mengajar periksa diri sendiri melalui modifikasi alat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar lempar cakram siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Pardamean tahun ajaran 2016/2017. Nilai rata-rata siswa pada data awal adalah 61,81 (tidak tuntas), pada test siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,79 (tidak tuntas), pada pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 80,98 (tuntas). Persentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 15,62%, pada test siklus I meningkat menjadi 56,25% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 87,5%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga test siklus I yaitu 7,98 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test siklus I hingga test siklus II yaitu 11,19 dan peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus I adalah 40,63 % dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 31,25 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui modifikasi alat meningkatkan hasil belajar lempar cakram.