Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui gaya mengajar berbasis masalah pada siswa kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 24 siswa, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan gaya mengajar berbasis masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing bawah bolavoli. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar siklus I yang diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 24 orang siswa terdapat 14 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 58,3% dan terdapat 10 orang belum tuntas yaitu sebesar 41,7%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 24 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 87,5% dan terdapat 3 orang siswa belum tuntas yaitu sebesar 12,5%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (85%) telah tercapai.Berdasarkan hasil penelitian data dapat dikatakan bahwa melalui gaya mengajar berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018.