UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FREE THROW BOLA BASKET MELALUI GAYA MENGAJAR BEBRBASIS MASALAH ( PROBLEM BASED LEARNING ) PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar free throw bola basket melalui gaya mengajar berbasis masalah pada siswa kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 28 siswa, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan gaya mengajar berbasis masalah. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian Free throw bola basket. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar siklus I yang diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 28 siswa terdapat 16 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 57, 14 % dan terdapat 12 siswa yang belum tuntas yaitu sebesar 42, 86 %. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal kurang dari 85 % belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan melakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Dan setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 28 siswa terdapat 24 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 85, 71 % dan terdapat 4 siswa belum tuntas yaitu sebesar 14, 29 %. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal 85% telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat dikatakan bahwa melalui gaya mengajar berbasis masalah dapat meningkatkan free throw bola basket pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/ 2018.