Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket melalui gaya mengajar inklusi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Medan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-6 yang berjumlah 39 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan gaya mengajar inklusi upaya meningkatkan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses shooting bola basket. Hasil penelitian menujukkan : (1) Pada siklus I diperoleh 25 orang siswa (64,10%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswa (35,90%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar 8,04. (2) Pada siklus II diperoleh 35 orang siswa (87,17%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang siswa (12,83%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 8,93. Dengan kenaikan nilai rata-rata siklus I dan siklus II 100%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.