PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIHNPADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA SANTO IGNASIUS MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan model pembelajaran pendekatan bermain dalam meningkatakan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Swasta Santo Ignasius Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Santo Ignasius Medan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari 13 orang putra dan 14 orang putri. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dari data KKM siswa sebelum melakukan pendekatan bermain diperoleh 7 siswa (25,93%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Sedangkan 20 siswa (74,07%) belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar dengan nilai rata-rata 42,62. Kemudian dilakukan pembelajaran pendekatan bermain. (2) dari tes hasil belajar melalui pendekatan bermain disiklus I diperoleh 14 siswa (51,85%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar, sedangkan 13 siswa (48,15%) belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar dengan nilai rata-rata 73,59. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melalui pendekatan bermain. (3) dari tes hasil belajar melalui pendekatan bermain disiklus II diperoleh 24 siswa (88,89%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai keseluruhan rata-rata siswa adalah 84,10. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Swasta Santo Ignasius Medan Tahun Ajaran 2017/2018.