Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar chest pass pada permainan bola basket melalui penerapan pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran pada siswa Kelas X.MIA-5 SMA N.1 Stabat Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas X.MIA-5 sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 14 putra dan 22 putri. Penelitian dilaksanakan di SMA N.1 Stabat pada tanggal 30 September s/d 07 Oktober 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan portofolio penilaian tes. Hasil penelitian siklus I setelah dilakukan post test siklus I dari 36 siswa terdapat 24 siswa (66,66%) tuntas dan 12 orang (36.67%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 66,63 (belum tuntas). Hasil penelitian siklus II setelah dilakukan post test siklus II dari 36 siswa terdapat 31 siswa (86,11%) tuntas dan 5 siswa (13,88%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 73,11 (tuntas). Kenaikan nilai ratarata antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 6,48. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas X.MIA-5 SMA N.1 Stabat Tahun Ajaran 2017/2018.