UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING MELALUI MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lempar lembing melalui modifikasi alat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-9 SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa, diantaranya terdiri dari wanita 15 orang dan laki-laki 15 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang terdiri dari siklus I Dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (siklus I) dan tes hasil belajar II (siklus II) yang berbentuk aplikasi teknik dasar lempar lembing sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) Dari tes hasil belajar setelah diberikannya tindakan pada siklus I diperoleh 16 siswa (53,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (46,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 70,00 (tidak tuntas). Karena belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran dengan pemanfaatan media modifikasi. (2) dari tes hasil belajar II (siklus II) diperoleh 26 siswa (86,67%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 78,3 (tuntas). Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media modifikasi alat dari rangkaian lidi dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar lempar lembing siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.