Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa pada pokok bahasan operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 12 Pematangsiantar tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 12 Pematangsiantar yang berjumlah 33 orang. Objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Dalam penelitian ini dikembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP, LAS dan Instrumen Penelitian. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh informasi bahwa hasil tes kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific pada siklus I diperoleh 20 siswa (60,61%) dari 33 siswa telah mencapai ketuntasan kemampuan komunikasi matematik siswa, dan 13 siswa lainnya (39,39%) belum tuntas dengan nilai rata–rata kelas 2,78. Setelah siklus II dilakukan maka tercapai ketuntasan kemampuan komunikasi matematik siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I, peningkatan dari siklus I ke siklus II mencapai 8 orang siswa atau 24,24%. Dari hasil tes kemampuan komunikasi matematik siswa siklus II diperoleh nilai rata-rata menjadi 3,07. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah mencapai ketuntasan, karena terdapat 80% siswa yang memiliki tingkat ketuntansan klasikal. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II tersebut dapat dilihat bahwa kriteria kemampuan komunikasi matematik siswa ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa pada materi operasi aljabar pada siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 12 Pematangsiantar dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilaksanakan.