Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik pada materi untuk siswa kelas VIII SMP yang berorientasi pada kemampuan spasial siswa. Kualitas perangkat pembelajaran mengacu berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 dan VIII-8 SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, keterlaksanaan perangat pembelajaran dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan spasial siswa untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3,5 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKS yaitu 3,8 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 93,86% dari maksimal 100% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan peningkatan hasil post-test kemampuan spasial siswa uji coba I dan uji coba II dengan peningkatan sebesar 3,06