Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan supervisi akademik teknik demonstrasi yang dapat meningkatkan kemampuan guru SMK Negeri kota Tebing Tinggi dalam membuat media Digital storytelling menggunakan Sway Microsoft Tool dan melihat bentuk peningkatan kemampuan guru SMK Negeri kota Tebing Tinggi dalam membuat media digital storytelling menggunakan Sway Microsoft Tool melalui penerapan supervisi akademik teknik demonstrasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dirancang dengan proses siklus meliputi empat fase kegiatan yaitu merencanakan, tindakan, mengamati, dan merefleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang guru Bahasa Inggris yang mengajar di SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 4 Tebing Tinggi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Melalui supervisi akademik teknik demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran digital storytelling (DST) menggunakan sway microsoft tool di SMK Negeri Kota Tebing Tinggi; dan (2) Ketuntasan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran digital storytelling (DST) menggunakan sway microsoft tool melalui supervisi akademik teknik demonstrasi tuntas secara klasikal.